Selasa, 13 November 2012

soal UAS Bahasa Indonesia


    Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia                                          Hari, tanggal   : ............... 2012
     Kelas / Program      : X / Umum                                                     Waktu             : 90 Menit


A.  Pilihlah jawaban yang paling benar!

Kutipan Informasi digunakan untuk soal no 1-2
Twitter salah satu situs jejaring sosial yang ada di dunia ini mengklaim bahwa pengguna mereka akan mampu untuk menembus angka 1 milyar. Untuk saat ini saja, Twitter telah memiliki 165 juta pengguna. Sedangkan situs yang juga merupakan pesaing terberatnya yakni Facebook sepertinya akan lebih memiliki peluang dengan waktu yang tidak terlalu jauh. Twitter mengklaim bahwa layanan mikro blogging tersebut pasti akan menembus angka satu miliar pengguna. Pernyataan tersebut diungkapkan Evan Williams, salah satu pendiri yang baru-baru ini mengundurkan diri dari jabatan Chief Executive Officer (CEO) Twitter.
1.   Hal Pokok yang terdapat dalam kutipan informasi tersebut adalah.....
a.   Facebook merupakan pesaing berat Twitter.
b.   Pengunduran diri Evan Williams sebagai Chief Executive Officer (CEO) Twitter.
c.   Pengguna Twitter akan mampu menembus angka satu miliar.
d.   Facebook memiliki peluang pengguna lebih besar dari pada Twitter.
e.   Pengumuman pengguna Facebook yang melampaui 500 juta pengguna

2.   Simpulan informasi tersebut adalah....
a.   Twitter kurang diminati masyarakat
b.   Twitter mulai diminati masyarakat
c.   Facebook merupakan pesaaing terberat Twitter
d.   Pengguna Facebook akan beralih ke Twitter
e.   Facebook tidak diminati masyarakat

Kutipan Informasi digunakan untuk soal no 3 dan 4
Ujian nasional (UN), yang telah lama menjadi kontroversi, sampai sekarang masih menyisakan sejumlah masalah moral terkait dengan pelaksanaan UN itu sendiri. Semula muncul harapan bahwa kontroversi UN akan berakhir dengan adanya formula baru dengan kelulusan yang memasukkan nilai sekolah (nilai rapor dan ujian sekolah) kedalam formula kelulusan 40 persen. Meskipun komposisi ini belum imbang dengan nilai UN, sudah  dinilai cukup menolong murid untuk lulus. Fakta memang menunjukkan tingkat kelulusan pada 2011 rata-rata di atas 99 persen atau hampir mendekati 100 persen. Ini artinya formula baru tersebut dapat menolong tingkat kelulusan murid.
3.   Informasi tersebut membahas.....
a.   Formula baru dalam kelulusan
b.   Peran nilai sekolah dalam kelulusan
c.   Kontroversi ujian nasional
d.   Tingkat kelulusan pada tahun 2011
e.   Persentase kelulusan pada tahun 2011

4.   Simpulan informasi tersebut adalah....
a.   Kontroversi UN tidak akan berakhir selama masih ada masalah moral dalam pelaksanaan UN
b.   Kontroversi dalam UN dapat berakhir dengan adanya formula baru dalam kelulusan yang memasukkan nilai sekolah (nilai rapor dan ujian sekolah) ke dalam formula kelulusan.
c.   UN pada tahun 2011berhasil karena tingkat kelulusan rata-rata di atas 99 persen atau hampir mendekati 100 persen.
d.   Tanpa formula baru pun siswa dapat mencapai angka kelulusan.
e.   Formula baru tidak akan menyelesaikan kontroversi UN.

5.   Kritik yang sesuai dengan isi kutipan informasi di atas adalah...
a.   Soal-soal di UN sangat sulit sehingga para siswa takut menghadapi pelaksanaan UN
b.   Lebih baik Un ditiadakan untuk mengakhiri kontroversi yang terjadi
c.   UN tetap harus dilaksanakan karena untuk memetakan kelemahan pendidikan di Indonesia secara umum.
d.   Nilai rapor dan ujian sekolah sangat membantu kelulusan siswa
e.   Tidak bijaksana jika nilai UN sebagai penentu kelulusan karena nilai tersebut dapat tidak dapat dijadikan patokan kemampuan siswa

Kutipan Informasi digunakan untuk soal no 6 dan 7
Sakit hati tak selalu berbuah dendam. Sebaliknya, sakit hati diakui Nurul Karimah justru melecut energi positif untuk mendirikan komunitas belajar, layanan pendidikan gratis bagi anak-anak putus sekolah di lereng Gunung Sumbing.Komunitas Belajar Cendekia Mandiri didirikan Yayasan Cendekia Mandiri, yang diketuai Nurul. Letaknya di lereng Gunung Sumbing, Dusun Kemloko, Desa Kemloko, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Setiap hari mereka menyelenggarakan kegiatan belajar bagi anak-anak yang tak lulus SD atau tak mampu merampungkan SMP. Lokasinya di bekas gudang tembakau, di rumah Mbah Dawam, seorang warga.
Pendirian komunitas belajar itu dilatarbelakangi pengalaman pribadinya. Sebagai anak pertama dari 10 bersaudara keluarga petani, dia sempat hampir tak bisa belajar di SMA karena tak ada biaya. Nurul memenuhi biaya sekolah dengan bekerja di salon dan membuat kue. Upaya ini terus dia lakukan hingga ke jenjang perguruan tinggi.
6.   Tanggapan positif yang sesuai dengan isi informasi tersebut ....
a.   Niat baik Nurul tersebut seharusnya dibantu oleh masyarakat setempat
b.   Kita jangan kalah dengan usaha yang dilakukan oleh Nurul
c.   Perbuatan Nurul harus mendapat dukungan dari semua pihak
d.   Pemereintah kurang memperhatikan pendidikan di daerah pelosok
e.   Kreativitas Nurul mendapat acungan jempol dari berbagai pihak






7.   Alasan Nurul mendirikan sekolah gratis adalah....
a.   Di daerah Nurul pelayanan pendidikan sangat terbatas
b.   Niat ingin mencerdaskan bangsa
c.   Desa Kemloko merupakan desa tertinggal di bidang pendidikan
d.   Pengalaman pribadi Nurul yang hampir tidak bisa belajardi SMA karena tidak ada biaya
e.   Nurul ingin bisnis di dunia pendidikan

8.   Hidup pada zaman komputer berarti setiap orang memiliki akses informasi kapan pun dan di mana pun. Kebanyakan sekolah memiliki komputer dan sebagian besar terhubung ke internet atau jaringan lokal. Jejaring dan internet memungkinkan sekolah-sekolah bisa saling berkomunikasi dan bekerja sama. Sekarang banyak siswa menggunakan komputer untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan penelitian proyek. Selanjutnya, catatan sekolah dan informasi siswa disimpan dalam komputer.
Kutipan buku di atas dapat dirangkum...
a.   Komputer digunakan sekolah-sekolah untuk berkomunikasi dan bakerja sama. Selain itu, komputer dapat digunakan untuk mengerjakan tugas para siswa
b.   Komputer memiliki akses informasi yang dapat dihubungkan ke internet atau jejaringan lokal. Dengan komputer, antar sekolah dapat saling berkomunikasi dan bekerja sama, serta dapat digunakan oleh siswa untuk mengerja,kan tugas.
c.   Hidup pada zaman komputer mempermudah setiap orang untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi
d.   Komputer yang dihubungkan ke internet memungkinkan sekolah-sekolah bisa saling berkomunikasi dan bekerja sama
e.   Banyak siswa menggunakan komputer untuk mengerjakan dan menyimpan tugas dari sekolah.

9.   Perhatikan grafik berikut.

Kalimat yang sesuai dengan grafik di atas adalah....
a.   Jumlah siswa perempuan lebih banyak di kelas X-2 dari pada jumlah di kelas-kelas lain
b.   Jumlah siswa laki-laki selalu lebih banyak daripada perempuan
c.   Jumlah siswa laki-laki di kelas X-3 lebih banyak dari pada siswa laki-laki di kelas lain
d.   Jumlah siswa laki-laki dan perempuan tidak sama disetiap kelas
e.   Jumlah siswa perempuan  cenderung berimbang di setiap kelas

Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Beberapa tahun yang lalu, Taufik Ismail pernah mengeluhkan rendahnya minat baca para pelajar terhadap karya sastra. Bahkan beliau mensinyalir, minat baca pelajar Jakarta terhadap karya sastra nyaris nol. Temuan Taufiq Ismail itu seperti melaporkan rendahnya peradaban nasional yang melanda bangsa Indonesia. Itulah sebabnya, beliau menggalakkan sastra masuk sekolah.

10.    Fakta yang terdapat pada paragraf di atas adalah...
a.   Taufik Ismail mensinyalir, minat baca pelajar terhadap karya sastra rendah
b.   Temuan Taufiq Ismail itu seperti melaporkan rendahnya peradaban nasional yang melanda bangsa Indonesia.
c.   Bahkan beliau mensinyalir, minat baca pelajar Jakarta terhadap karya sastra nyaris nol.
d.   Tauhfik Ismail adalah sastrawan terkemuka di Indonesia
e.   Taufik Ismail menggalakkan sastra masuk sekolah

Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas berikut!
Topik:  keperingkatan bangsa Amerika
Kalimat penjelas:
(1) Indonesia mengirim pemuda pelajar untuk belajar di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan.
(2) Dalam dunia bisnis Amerika menduduki berbagai peringkat.
(3) Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik Amerika dan keuntungannya.
(4) Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang apa pun.
(5)  Di Indonesia, bangsa Amerika banyak melakukan bisnis.

11.    Kalimat penjelas yang berhubungan dengan topik adalah....
a.   (1), (2), dan (3)
b.   (2), (3), dan (4)
c.   (3), (4), dan (5)
d.   (4), (2), dan (5)
e.   (5), (4), dan (3)

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pencemaran lingkungan hampir terjadi di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar. Pencemaran itu, antara lain, polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak, pembuangan limbah industri dari pabrik-pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan . Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Misalnya udara menjadi kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau menjangkitnya wabah penyakit, serta bencana banjir karena saluran-saluran air tersumbat oleh sampah.

12.    Paragraf Argumentasi di atas menggunakan pola pengembangan...
a.   Deduktif
b.   Induktif
c.   Generalisasi
d.   Sebab-akibat
e.   Analogi

Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami di Aceh dan sumatera utara, seringkali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi maupun kelompok orang tak bertanggungjawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, maupun lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan Departemen Sosial.

13.    Kalimat persuasi yang tepat untuk menutup paragraf tersebut adalah ….
a.   Departemen Sosial tidak pernah mengerahkan orang-orang untuk menghimpun dana sumbangan korban gempa bumi dan tsunami.
b.   Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
c.   Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yag meminta sumbangan gempa bumi dan gelombang tsunami di Dipinggir jalan.
d.   Masyarakat janganlah percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus, lampu merah dan pinggir-pinggir jalan tersebut.
e.   Dengan demikian hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu.

14.    Kata-kata saya di atas sekedar untuk berbagi kegelisahan karena saya pun yakin Bapak-bapak dan Ibu-ibu pun sudah lama merasakannya. ....................., dengan kata-kata penggugah rasa tersebut, marilah kita bangun kembali kepercayaan diri kita bahwa bangsa kita sama dan sederajat dengan bangsa lain di manapun.Sebagai orang yang beragama, kita harus malu kepada Allah yang telah menganugerahi kita berbagai kelebihan dan kemudian kita merendah-rendahkannya. Marilah kita jaga apa yang sudah diberikan Allah.
Kata penghubung yang tepat untuk melemgkapi paragraf persuasi di atas adalah.....
a.   Oleh karena itu                                      
b.   Tetapi                                                  
c.   Dengan demikian
d.   Bilamana
e.   Bahkan

15.    Pewawancara      :    Adakah teknik belajar yang dapat diwariskan bagi para pelajar?
       Narasumber        :    Motivasi yang harus pertama kali ditanamkan pada diri kita. Jadi, harus ada motivasi. Motivasi saya sederhana saja, saya ingin membuktikan, perempuan itu punya potensi, antara lain potensi untuk meraih prestasi, yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, saya sebagai orang Bojonegoro,  ingin membuktikan manusia Bojonegoro itu bukan manusia cemen (gak ada nyali)
       Masalah yang dikemukakan narasumber dalam cuplikan di atas adalah....
a.   Motivasi itu haruslah sederhana
b.   Manusia harus mempunyai motivasi
c.   Perempuan ituharus punya potensi untuk berprestasi
d.   Potensi perempuan tidak ada nyalinya sama sekali (cemen)
e.   Orang Bojonegoro harus menjadi manusia yang punya motivasi

16.    Pewawancara      :    .......
  Narasumber        :    Era globalisasi membawa dampak ganda : disisi membawa iklim yang semakin terbuka untuk bekerja sama saling mengisi  dan saling melengkapi demi kepentingan bersama pihak-pihak yang bekerja sama. Disisi lain, era ini juga sekaligus melahirkan situasi persaingan yang semakin ketat dan semakin tajam.
Kalimat yang tepat diajukan oleh pewawancara adalah....
a.   Apa saja dampak era globalisasi?
b.   Mengapa era globalisasi menimbulkan dampak ganda?
c.   Mengapa timbul dampak ganda dari era globalisasi?
d.   Siapa yang diuntungkan dengan adanya globalisasi ini?
e.   Bagaimana cara mengatasi timbulnya dampak ganda dari era globalisasi?

17.    Wartawan   :    Bagaimana kondisi anemia bagi kaum perempuan?
       dr. Risa     :    Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Bila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.
Informasi yang dikemukakan oleh dr. Risa adalah tentang....
a.   Janin yang cerdas
b.   Zat besi bagi ibu hamil
c.   Pentingnya darah bagi perempuan
d.   Perempuan yang rentan terhadap anemia
e.   Abortus sebagai penyebab kematian ibu melahirkan

18.    Perhatikan ilustrasi berikut!
       Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik berusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
      
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a.   Untuk menjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b.   Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c.   Anak-anak sekalian, pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
d.   Acara ini kami awali dengan pembacaan do’a.
e.   Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama.

19.    Perhatikan ilustrasi berikut!
Hadirin yang saya hormati
Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.
.... Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kutipan pidato tersebut adalah ...
a.   Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84
b.   Terima kasih, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan berkat dan rahmat-Nya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84
c.   Marilah sejenak kita bersama-sama merenungkan ikrar Sumpah Pemuda yang dicetuskan para pemuda-pemudi kita
d.   Hidup pemuda. Saudara, pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928. Sekarang sudah tahun 2012, jadi sudah 84 tahun
e.   Saudara, kita hidup di Indonesia ini sebagaimana ikrar para pemuda: bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu

20.   Perhatikan cuplikan cerita rakyat berikut!
Baiklah jika kakanda tidak mempercayai adinda, maka adinda bersedia menemuai ajal di sungai ini. Tetapi harap kakanda camkan, bahwa jika sungai ini berbau wangi berarti Adinda tidak bersalah, jika sungai ini berbau busuk memanglah adinda bersalah.”
Sebelum keris itu ditikamkan kepada istrinya, Surati melompat ke sungai kemudian menghilang. Raden Banterang berseru dengan suara yang gemetar, “Banyuwangi....!Istriku ternyata tidak bersalah. “
“Banyuwangi....!” teriak seorang pengemis hampir bersamaan. “ Hai, Raden Banterang! Aku adalah kakaknya. Istrimu memang tidak berdosa. Ia menolak membantuku untuk membunuhmu.  Banyuwangi.....itulah tanda cinta  sucinya.
Setelah selesai berkata, pengemis itu pun menghilang. Raden Baterang terburu nafsu tanpa menyelidiki dengan cermat. Ia kecewa ternyata, ternyata perbuatannya membuat maut bagi permaisuri tercinta.
Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah....
a.   Hendaknya patuh pada suami                
b.   Kejujuran membawa kebaikan                
c.   Setialah kepada keluarga
d.   Bersikaplah bijaksana
e.   Bersikaplah adil

Kutipan cerita berikut untuk menjawab soal no 21-22
Perjalanan ketiga utusan itu tidak mudah. Mereka harus menyeberangi segara Rupek, selat yang membentang antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Ketika jukung yang mereka naiki berada di tengah laut, tiba-tiba angin bertiup kencang. Gelombang mengamuk, menggoyang, dan menggulung jakung. Ketiga penumpang itu terhampar, lalu tenggelam. Berkat pertolongan para dewa , ketiga utusan itu terdampar dengan selamat di Pantai Jembrana. Untung pula ketiga bungbung yang selalu dipegang erat-erat itu masih tertutup utuh.

21.    Nilai religius yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah....
a.   Pertolongan para dewa terhadap ketiga utusan yang tenggelam di laut
b.   Tiupan angin kencang yang menyebabkan jakung tergulung gelombang
c.   Pertolongan Tuhan terhadap ketiga utusan yang akan menyeberangi segara Rupek
d.   Berkat pertolongan para dewa ketiga bungbung masih tertutup utuh
e.   Para dewa tidak memberi pertolongan kepada ketiga utusan sehingga mereka tenggelam di laut.

22.    Bukti latar tempat dalam kutipan cerita tersebut digambarkan dalam kalimat.....
a.   Pertama, kedua, dan ketiga                   
b.   Ketiga, keempat, dan kelima
c.   Kedua, ketiga, dan keenam       
d.   Ketiga, kelima, dan keenam
e.   Kedua, ketiga, dan ketujuh

Penggalan puisi berikut untuk soal no 23-24
Sajak Bulan Purnama
Bulan terbit dari lautan
Rambutnya yang tergerai dikibaskan
Dan menjelang tengah malam,
Wajahnya yang bundar
Menyinari gubug-gubuk kaum gelandangan
Kota Jakarta

23.    Perasaan penyair yang melatarbelakangi terciptanya puisi tersebut....
a.   Bangga                                                                                                 d. Gembira
b.   Haru                                                                                          e. Terasing
c.   Kesepian
d.   Gembira
e.   Terasing

24.    Tema penggalan puisi di atas adalah....
a.   Kegelapan yang dialami kaum gelandangan
b.   Kesepian yang dialami kaum gelandangan
c.   Kesedihan yang dialami kaum gelandangan
d.   Kemiskinan yang dialami kaum gelandangan
e.   Kelemahan yang dialami kaum gelandangan

25.    Laksana bintang berkelip cahaya,
Di atas langit hitam kelam,
  Sinar berkilau cahayamatamu,
  Menembus aku ke jiwa dalam.
  Kutipan puisi tersebut menggambarkan indra.....
a.   Pendengaran                                                    
b.   Penciuman                                                       
c.   Perasaan
d.   Pencecap
e.   Penglihatan

Puisi berikut digunakan untuk soal no 26-27
Salju
Ke manakah Pergi
       mencari matahari
                     ketika salju turun
                               pepohonan kehilangan daun
Kemanakah jalan
       mencari lindungan
                     ketika tubuh kuyup
                               dan pintu tertutup
Kemanakah lagi
       mencari api
                     ketika bara api
                               padam tak berarti
Kemanakah pergi
Selain mencari diri

26.    Penggalan puisi di atas mengandung realitas ....
a.   Religi                                                               
b.   Adat                                                                
c.   Budaya
d.   Sosial
e.   Penyelamat

27.    Puisi tersebut mengungkapkan .....
a.   Kisah hidup penyair dalam menghadapi setiap rintangan dalam kehidupan
b.   Rintangan yang dihadapi penyair ketika meraih masa depan
c.   Cobaan hidup yang selau dirasakan setiap manusia
d.   Ketabahan hidup penyair menghadapi semua masalah yang terjadi padanya
e.   Perjalanan hidup penyair mencari tujuan hidup pada masa datang

28.    (1) Dengan tiba-tiba Seri laut duduk menyembah kaki Anggun Dewa. “Ampun hamba pada kakak, usahlah hati dipermalukan, jangan bicara diperpanjang, hamba tahu, hamba arif.(2) Kata kakak, kata menyindir, ngilu tulangku mendengarkannya. (3) Dosa hamba seberat bukit, kesalahan sebesar bumi, bagaimana hamba akana menurut, bagaimana hamba akan pulang,

menentang kakak, hamba malu. (4)bukanlah kakak yang celaka, untung hamba kiranya. (5) jangan suka mendengar asut petenah, buah bicara orang penghasut, akhirnya badan yang menanggung, dendam siang malam, hidup bagai hantu rimba,“ demikianlah kata Seri Laut  sambil menangis. (6)”Manalah tuan Seri Laut, jangan tuan panjang bicara. (7) Hari hamper berjuak malam, matahari hampir terbenam. (8) Bawa hamba ke tempat Tuan, menjemput inang dan pengasuh, mari kita pulang ke rumah, menjelang ayah dengan bunda.”
Karakteristik sastra Melayu klasik dalam kutipan tersebut yang merupakan istana sentris (bersifat kerajaan) terlihat pada kata dalam kalimat nomor…
a.   (4)                                                                      
b.   (5)                                                                      
c.   (6)
d.   (7)
e.   (8)

29.    Si Gajah membendung danau itu dengan badannya yang besar Si Celeng dan si Macan menimba ikannya. Ada pun si Kancil menjaga semuanya agar berjalan lancar.
Sudut pandang penulis dalam penggalan cerita di atas adalah sebagai…
a.   tukang cerita                                                     
b.   tokoh utama                                                     
c.   tokoh pendamping
d.   orang pertama  
e.   orang ketiga                             

30.    Perhatikan kutipan sastra melayu klasik berikut ini!
Arkian maka raja itu pun diberi nama oleh Syaikh Sa’id, Sultan Ismail Syah Zilullah Fi’alam. Setelah sudah  Syaikh Sa’id memberi nama akan raja itu, maka titah baginda: “Anak hamba ketiga itu baiklah tuan hamba beri nama sekali , supaya sempurnalah hamba membawa agama islam”.
Nilai yang tampak dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....
a.   Gotong-royong                         
b.   Kemanusiaan                           
c.   Kemasyarakatan 
d.   Didaktik
e.   Keagamaan

Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Untuk soal no 31 dan 32
….Ibu makin jarang di rumah. Tinggal aku dan ayah yang mengurus sawah. Terkadang ibu baru pulang setelah beberapa hari. Tetapi, kejarangan ini tidak pernah menimbulkan rindu kami lagi. Walau adikku yang terkecil. Kami sudah biasa. Kami pun jarang bertanya di mana ibu dan kapan pulang. Hari-hari ibu tidak pergi, pagi ia sudah ada di pinggir jalan. Dari rumah dibawanya segulungan goni-goni dan siangnya goni itu sudah penuh berisi beras yang dicegatnya berdikit-dikit dari orang-orang kampung lewat. Besoknya, jika hari pasar, beras ini dibawanya ke pasar dengan pedati sewaan. Dari pasar ibu membawa buntalan berisi berbagai pakaian atau barang lain. Apabila hari pasar dibawanyalah ke pekan terdekat. Jika tidak habis laku, dibawanyalah ke luar kampung. Orang-orang kampung memang lebih suka pakaian-pakaian yang sudah jadi, yang tebal-tebal. Dan ibu memang tahu kesukaan orang-orang kampung ini. Dari pembelinya, beraslah yang sering diterima ibu.
                            Tema yang tersirat dari kutipan cerpen di atas adalah…
a.      keuletan seorang ibu dalam mencari nafkah untuk keluarganya
b.      ibu rajin ke pasar dan ayah rajin ke sawah
c.      ibu berjualan dari kampung satu ke kampung yang lain
d.      dari pasar ibu membawa buntalan berisi berbagai pakaian atau barang lain
e.      pakaian dibeli dengan beras

31.    Latar kutipan cerita pendek tersebut adalah...
a.      Sawah      
b.      Rumah      
c.      Jalan
d.      Pedesaan
e.      Pasar


Bacalah kutipan berikut dengan seksama!
Malam itu Monang datang, sesuai dengan janjinya. Manen menceritakan perihal surat itu.
“Siapa calonmu, Monang?” tanyanya dingin.
“Saudara dari Sibolga itu, yang begitu mesra kau antar setiap hari?”
“Keadaan memang gawat,” keluh Monang.
“Ibuku sama sekali tak mau mengerti. Ayah cuma bersikap sedih saja, bertanya mengapa aku tega memijak kemauan mereka. Kemarin kami adakan rapat keluarga di Bogor. Mereka bersikeras bahwa aku harus tunduk kepada kemauan orang tua . . . . Aku minta sedikitnya mereka bertemu denganmu dulu.”
“Mengapa tak kau gunakan kesempatan semalam?” tanya Manen sinis.

32.    Konflik yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah....
a.      Monang berkenalan dengan saudara dari Sibolga
b.      Monang harus tunduk kepada kemauan orang tua
c.      Monang bertengkar dengan Manen
d.      Manen menceritakan perihal surat
e.      Monang datang sesuai janjinya

Kutipan paragraph untuk soal no 34 dan 35
Menitik air mata anak sunatan itu ketika jarum bius yang pertama menusuk kulit yang segera dipotong. Lambat-lambat obat bius yang didesakkan dokter spesialis dari dalam tabung injkeksi menggembung di sana. Dan anak sunatan itu menggigit bibir bawahnya, menahan rasa sakit.
33.    Sudut pandang yang digunakan oleh penulis dalam kutipan cerpen tersebut adalah ……
a.      orang pertama                                               
b.      orang kedua                                                   
c.      orang ketiga
d.      orang pertama dan kedua
e.      orang kedua dan ketiga

34.    Watak anak sunatan dalam kutipan cerpen tersebut adalah …….
a.      Baik                                                               
b.      Tabah
c.      Optimis         
d.      Takut
e.      Senang                                  


B.  Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Tulislah paragraf argumentasi dengan pola Analogi!
2.      Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wawancara!
3.      Sebutkan karakteristik Melayu Klasik!
4.      Buatlah sinopsis cerita rakyat yang pernah kamu dengar!
5.      Sebutkan langkah-langkah menulis cerpen!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar