Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari, tanggal : ............... 2012
Kelas / Program : X / Umum
Waktu : 90 Menit
A. Pilihlah
jawaban yang paling benar!
Kutipan Informasi digunakan untuk soal no 1-2
Twitter salah satu situs jejaring sosial yang ada di dunia
ini mengklaim bahwa pengguna mereka akan mampu untuk menembus angka 1 milyar.
Untuk saat ini saja, Twitter telah memiliki 165 juta pengguna. Sedangkan situs
yang juga merupakan pesaing terberatnya yakni Facebook sepertinya akan lebih
memiliki peluang dengan waktu yang tidak terlalu jauh. Twitter mengklaim bahwa
layanan mikro blogging tersebut pasti akan menembus angka satu miliar pengguna.
Pernyataan tersebut diungkapkan Evan Williams, salah satu pendiri yang
baru-baru ini mengundurkan diri dari jabatan Chief Executive Officer (CEO)
Twitter.
1. Hal Pokok yang terdapat dalam kutipan informasi tersebut adalah.....
a. Facebook merupakan pesaing berat Twitter.
b. Pengunduran diri Evan Williams sebagai Chief Executive
Officer (CEO) Twitter.
c. Pengguna Twitter akan mampu menembus angka satu miliar.
d. Facebook memiliki peluang pengguna lebih besar dari pada Twitter.
e. Pengumuman pengguna Facebook yang
melampaui 500 juta pengguna
2. Simpulan informasi tersebut adalah....
a. Twitter kurang diminati masyarakat
b. Twitter mulai diminati masyarakat
c. Facebook merupakan pesaaing terberat Twitter
d. Pengguna Facebook akan beralih ke
Twitter
e. Facebook tidak diminati masyarakat
Kutipan Informasi digunakan untuk soal no 3
dan 4
Ujian nasional
(UN), yang telah lama menjadi kontroversi, sampai sekarang masih menyisakan
sejumlah masalah moral terkait dengan pelaksanaan UN itu sendiri. Semula muncul
harapan bahwa kontroversi UN akan berakhir dengan adanya formula baru dengan
kelulusan yang memasukkan nilai sekolah (nilai rapor dan ujian sekolah) kedalam
formula kelulusan 40 persen. Meskipun komposisi ini belum imbang dengan nilai
UN, sudah dinilai cukup menolong murid
untuk lulus. Fakta memang menunjukkan tingkat kelulusan pada 2011 rata-rata di
atas 99 persen atau hampir mendekati 100 persen. Ini artinya formula baru
tersebut dapat menolong tingkat kelulusan murid.
3. Informasi tersebut membahas.....
a. Formula baru dalam kelulusan
b. Peran nilai sekolah dalam kelulusan
c. Kontroversi ujian nasional
d. Tingkat kelulusan pada tahun 2011
e. Persentase kelulusan pada tahun 2011
4. Simpulan informasi tersebut adalah....
a. Kontroversi UN tidak akan berakhir selama masih ada masalah moral dalam
pelaksanaan UN
b. Kontroversi dalam UN dapat berakhir dengan adanya formula baru dalam
kelulusan yang memasukkan nilai sekolah (nilai rapor dan ujian sekolah) ke
dalam formula kelulusan.
c. UN pada tahun 2011berhasil karena tingkat kelulusan rata-rata di atas 99
persen atau hampir mendekati 100 persen.
d. Tanpa formula baru pun siswa dapat mencapai angka kelulusan.
e. Formula baru tidak akan menyelesaikan kontroversi UN.
5. Kritik yang sesuai dengan isi kutipan informasi di atas adalah...
a.
Soal-soal di UN sangat
sulit sehingga para siswa takut menghadapi pelaksanaan UN
b.
Lebih baik Un ditiadakan
untuk mengakhiri kontroversi yang terjadi
c.
UN tetap harus
dilaksanakan karena untuk memetakan kelemahan pendidikan di Indonesia secara
umum.
d.
Nilai rapor dan ujian
sekolah sangat membantu kelulusan siswa
e.
Tidak bijaksana jika
nilai UN sebagai penentu kelulusan karena nilai tersebut dapat tidak dapat
dijadikan patokan kemampuan siswa
Kutipan Informasi
digunakan untuk soal no 6 dan 7
Sakit
hati tak selalu berbuah dendam. Sebaliknya, sakit hati diakui Nurul Karimah
justru melecut energi positif untuk mendirikan komunitas belajar, layanan
pendidikan gratis bagi anak-anak putus sekolah di lereng Gunung
Sumbing.Komunitas Belajar Cendekia Mandiri didirikan Yayasan Cendekia Mandiri,
yang diketuai Nurul. Letaknya di lereng Gunung Sumbing, Dusun Kemloko, Desa
Kemloko, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Setiap hari
mereka menyelenggarakan kegiatan belajar bagi anak-anak yang tak lulus SD atau
tak mampu merampungkan SMP. Lokasinya di bekas gudang tembakau, di rumah Mbah
Dawam, seorang warga.
Pendirian
komunitas belajar itu dilatarbelakangi pengalaman pribadinya. Sebagai anak
pertama dari 10 bersaudara keluarga petani, dia sempat hampir tak bisa belajar
di SMA karena tak ada biaya. Nurul memenuhi biaya sekolah dengan bekerja di
salon dan membuat kue. Upaya ini terus dia lakukan hingga ke jenjang perguruan
tinggi.
6. Tanggapan positif yang sesuai dengan isi informasi tersebut ....
a. Niat baik Nurul tersebut seharusnya dibantu oleh masyarakat setempat
b. Kita jangan kalah dengan usaha yang dilakukan oleh Nurul
c. Perbuatan Nurul harus mendapat dukungan dari semua pihak
d. Pemereintah kurang memperhatikan pendidikan di daerah pelosok
e. Kreativitas Nurul mendapat acungan jempol dari berbagai pihak
7. Alasan Nurul mendirikan sekolah gratis adalah....
a. Di daerah Nurul pelayanan pendidikan sangat terbatas
b. Niat ingin mencerdaskan bangsa
c. Desa Kemloko merupakan desa tertinggal di bidang pendidikan
d. Pengalaman pribadi Nurul yang hampir tidak bisa belajardi SMA karena tidak ada
biaya
e. Nurul ingin bisnis di dunia pendidikan
8. Hidup pada zaman komputer berarti setiap orang memiliki akses informasi
kapan pun dan di mana pun. Kebanyakan sekolah memiliki komputer dan sebagian
besar terhubung ke internet atau jaringan lokal. Jejaring dan internet
memungkinkan sekolah-sekolah bisa saling berkomunikasi dan bekerja sama.
Sekarang banyak siswa menggunakan komputer untuk mengerjakan pekerjaan rumah
dan penelitian proyek. Selanjutnya, catatan sekolah dan informasi siswa
disimpan dalam komputer.
Kutipan buku di atas dapat
dirangkum...
a. Komputer digunakan sekolah-sekolah untuk berkomunikasi dan bakerja sama.
Selain itu, komputer dapat digunakan untuk mengerjakan tugas para siswa
b. Komputer memiliki akses informasi yang dapat dihubungkan ke internet atau
jejaringan lokal. Dengan komputer, antar sekolah dapat saling berkomunikasi dan
bekerja sama, serta dapat digunakan oleh siswa untuk mengerja,kan tugas.
c. Hidup pada zaman komputer mempermudah setiap orang untuk mendapatkan
informasi dan berkomunikasi
d. Komputer yang dihubungkan ke internet memungkinkan sekolah-sekolah bisa
saling berkomunikasi dan bekerja sama
e. Banyak siswa menggunakan komputer untuk mengerjakan dan menyimpan tugas
dari sekolah.
9. Perhatikan grafik berikut.
Kalimat yang
sesuai dengan grafik di atas adalah....
a. Jumlah siswa perempuan lebih banyak di kelas X-2 dari pada jumlah di
kelas-kelas lain
b. Jumlah siswa laki-laki selalu lebih banyak daripada perempuan
c. Jumlah siswa laki-laki di kelas X-3 lebih banyak dari pada siswa laki-laki
di kelas lain
d. Jumlah siswa laki-laki dan perempuan tidak sama disetiap kelas
e. Jumlah siswa perempuan cenderung
berimbang di setiap kelas
Cermatilah paragraf
berikut dengan saksama!
Beberapa tahun yang lalu, Taufik Ismail
pernah mengeluhkan rendahnya minat baca para pelajar terhadap karya sastra.
Bahkan beliau mensinyalir, minat baca pelajar Jakarta terhadap karya sastra
nyaris nol. Temuan Taufiq Ismail itu seperti melaporkan rendahnya peradaban
nasional yang melanda bangsa Indonesia. Itulah sebabnya, beliau menggalakkan
sastra masuk sekolah.
10.
Fakta yang terdapat pada paragraf di atas
adalah...
a.
Taufik Ismail mensinyalir, minat baca pelajar
terhadap karya sastra rendah
b.
Temuan Taufiq Ismail itu seperti melaporkan
rendahnya peradaban nasional yang melanda bangsa Indonesia.
c.
Bahkan beliau mensinyalir, minat baca pelajar
Jakarta terhadap karya sastra nyaris nol.
d.
Tauhfik Ismail adalah sastrawan terkemuka di
Indonesia
e.
Taufik Ismail menggalakkan sastra masuk
sekolah
Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas
berikut!
Topik:
keperingkatan bangsa
Amerika
Kalimat
penjelas:
(1)
Indonesia mengirim
pemuda pelajar untuk belajar di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan.
(2)
Dalam dunia bisnis
Amerika menduduki berbagai peringkat.
(3)
Majalah terkenal
seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik
Amerika dan keuntungannya.
(4)
Salah satu ciri khas
bangsa Amerika adalah kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang
apa pun.
(5) Di Indonesia, bangsa
Amerika banyak melakukan bisnis.
11. Kalimat penjelas yang
berhubungan dengan topik adalah....
a. (1), (2), dan (3)
b. (2), (3), dan (4)
c. (3), (4), dan (5)
d. (4), (2), dan (5)
e. (5), (4), dan (3)
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Pencemaran
lingkungan hampir terjadi di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar.
Pencemaran itu, antara lain, polusi udara dari kendaraan bermotor yang
jumlahnya semakin banyak, pembuangan limbah industri dari pabrik-pabrik yang
tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang
sampah sembarangan . Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang
cukup besar. Misalnya udara menjadi kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai
virus dan bakteri atau menjangkitnya wabah penyakit, serta bencana banjir
karena saluran-saluran air tersumbat oleh sampah.
12. Paragraf Argumentasi di atas menggunakan pola pengembangan...
a. Deduktif
b. Induktif
c. Generalisasi
d. Sebab-akibat
e. Analogi
Cermatilah
paragraf berikut dengan saksama!
Sejak terjadinya
bencana gempa bumi dan gelombang tsunami di Aceh dan sumatera utara, seringkali
bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak
organisasi maupun kelompok orang tak bertanggungjawab meminta sumbangan untuk korban
bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota,
maupun lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan
Departemen Sosial.
13. Kalimat persuasi yang tepat untuk menutup paragraf tersebut adalah ….
a.
Departemen Sosial tidak
pernah mengerahkan orang-orang untuk menghimpun dana sumbangan korban gempa
bumi dan tsunami.
b.
Karena itu, masyarakat
harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah
meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
c.
Masyarakat hendaknya waspada
terhadap sekelompok orang yag meminta sumbangan gempa bumi dan gelombang
tsunami di Dipinggir jalan.
d.
Masyarakat janganlah
percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus, lampu merah dan
pinggir-pinggir jalan tersebut.
e.
Dengan demikian
hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti
terlebih dahulu agar tidak tertipu.
14.
Kata-kata saya di
atas sekedar untuk berbagi kegelisahan karena saya pun yakin Bapak-bapak dan
Ibu-ibu pun sudah lama merasakannya. ....................., dengan kata-kata
penggugah rasa tersebut, marilah kita bangun kembali kepercayaan diri kita
bahwa bangsa kita sama dan sederajat dengan bangsa lain di manapun.Sebagai
orang yang beragama, kita harus malu kepada Allah yang telah menganugerahi kita
berbagai kelebihan dan kemudian kita merendah-rendahkannya. Marilah kita jaga
apa yang sudah diberikan Allah.
Kata
penghubung yang tepat untuk melemgkapi paragraf persuasi di atas adalah.....
a.
Oleh karena itu
b.
Tetapi
c.
Dengan demikian
d.
Bilamana
e.
Bahkan
15. Pewawancara : Adakah teknik belajar yang dapat diwariskan
bagi para pelajar?
Narasumber : Motivasi yang harus pertama kali ditanamkan
pada diri kita. Jadi, harus ada motivasi. Motivasi saya sederhana saja, saya
ingin membuktikan, perempuan itu punya potensi, antara lain potensi untuk
meraih prestasi, yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, saya
sebagai orang Bojonegoro, ingin
membuktikan manusia Bojonegoro itu bukan manusia cemen (gak ada nyali)
Masalah
yang dikemukakan narasumber dalam cuplikan di atas adalah....
a.
Motivasi itu haruslah
sederhana
b.
Manusia harus mempunyai
motivasi
c.
Perempuan ituharus punya
potensi untuk berprestasi
d.
Potensi perempuan tidak
ada nyalinya sama sekali (cemen)
e.
Orang Bojonegoro harus
menjadi manusia yang punya motivasi
16. Pewawancara : .......
Narasumber : Era globalisasi
membawa dampak ganda : disisi membawa iklim yang semakin terbuka untuk bekerja
sama saling mengisi dan saling
melengkapi demi kepentingan bersama pihak-pihak yang bekerja sama. Disisi lain,
era ini juga sekaligus melahirkan situasi persaingan yang semakin ketat dan
semakin tajam.
Kalimat yang tepat
diajukan oleh pewawancara adalah....
a. Apa saja dampak era globalisasi?
b. Mengapa era globalisasi menimbulkan dampak ganda?
c. Mengapa timbul dampak ganda dari era globalisasi?
d. Siapa yang diuntungkan dengan adanya globalisasi ini?
e. Bagaimana cara mengatasi timbulnya dampak ganda dari era globalisasi?
17.
Wartawan : Bagaimana
kondisi anemia bagi kaum perempuan?
dr. Risa : Perempuan memang
paling rentan terhadap anemia, terutama karena kekurangan zat besi. Darah
memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat
besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Bila si ibu anemia, bisa
terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. Padahal,
kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih
cukup tinggi. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada
kaitannya dengan kecerdasan.
Informasi yang dikemukakan oleh dr. Risa adalah tentang....
a. Janin yang cerdas
b. Zat besi bagi ibu hamil
c. Pentingnya darah bagi perempuan
d. Perempuan yang rentan terhadap anemia
e. Abortus sebagai penyebab kematian ibu melahirkan
18.
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Seiring dengan semakin meningkatnya
minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa
disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka
jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik berusaha memberi bekal atau
pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka
pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Untuk menjaga supaya
begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana
pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi
pengarahan.
b. Selamat datang kami
ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c. Anak-anak sekalian,
pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan
antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang
memungkinkan.
d. Acara ini kami awali
dengan pembacaan do’a.
e. Pada kesempatan ini
para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama.
19.
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Hadirin yang saya hormati
Assalamualaikum
Wr.Wb.
Salam
sejahtera untuk kita semua.
.... Ikrar
dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu bertanah
air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung
bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik
mengenai makna Sumpah Pemuda.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kutipan pidato tersebut adalah ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kutipan pidato tersebut adalah ...
a.
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat
Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di
tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84
b.
Terima kasih, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu
memberikan berkat dan rahmat-Nya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda
ke-84
c.
Marilah sejenak kita bersama-sama merenungkan
ikrar Sumpah Pemuda yang dicetuskan para pemuda-pemudi kita
d.
Hidup pemuda. Saudara, pernyataan ikrar
pemuda terjadi pada tahun 1928. Sekarang sudah tahun 2012, jadi sudah 84 tahun
e.
Saudara, kita hidup di Indonesia ini
sebagaimana ikrar para pemuda: bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa
satu
20.
Perhatikan cuplikan cerita rakyat berikut!
Baiklah jika kakanda tidak mempercayai adinda, maka adinda bersedia
menemuai ajal di sungai ini. Tetapi harap kakanda camkan, bahwa jika sungai ini
berbau wangi berarti Adinda tidak bersalah, jika sungai ini berbau busuk
memanglah adinda bersalah.”
Sebelum keris itu ditikamkan kepada istrinya, Surati melompat ke sungai
kemudian menghilang. Raden Banterang berseru dengan suara yang gemetar,
“Banyuwangi....!Istriku ternyata tidak bersalah. “
“Banyuwangi....!” teriak seorang pengemis hampir bersamaan. “ Hai, Raden
Banterang! Aku adalah kakaknya. Istrimu memang tidak berdosa. Ia menolak
membantuku untuk membunuhmu.
Banyuwangi.....itulah tanda cinta
sucinya.
Setelah selesai berkata, pengemis itu pun menghilang. Raden Baterang
terburu nafsu tanpa menyelidiki dengan cermat. Ia kecewa ternyata, ternyata
perbuatannya membuat maut bagi permaisuri tercinta.
Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah....
a.
Hendaknya patuh pada
suami
b.
Kejujuran membawa
kebaikan
c.
Setialah kepada keluarga
d.
Bersikaplah bijaksana
e.
Bersikaplah adil
Kutipan cerita berikut untuk menjawab soal no 21-22
Perjalanan ketiga utusan itu tidak mudah. Mereka harus menyeberangi segara
Rupek, selat yang membentang antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Ketika jukung
yang mereka naiki berada di tengah laut, tiba-tiba angin bertiup kencang.
Gelombang mengamuk, menggoyang, dan menggulung jakung. Ketiga penumpang itu
terhampar, lalu tenggelam. Berkat pertolongan para dewa , ketiga utusan itu
terdampar dengan selamat di Pantai Jembrana. Untung pula ketiga bungbung yang
selalu dipegang erat-erat itu masih tertutup utuh.
21. Nilai religius yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas
adalah....
a. Pertolongan para dewa terhadap ketiga utusan yang tenggelam di laut
b. Tiupan angin kencang yang menyebabkan jakung tergulung gelombang
c. Pertolongan Tuhan terhadap ketiga utusan yang akan menyeberangi segara
Rupek
d. Berkat pertolongan para dewa ketiga bungbung masih tertutup utuh
e. Para dewa tidak memberi pertolongan kepada ketiga utusan sehingga mereka
tenggelam di laut.
22.
Bukti latar tempat dalam
kutipan cerita tersebut digambarkan dalam kalimat.....
a. Pertama, kedua, dan ketiga
b. Ketiga, keempat, dan kelima
c. Kedua, ketiga, dan keenam
d. Ketiga, kelima, dan keenam
e. Kedua, ketiga, dan ketujuh
Penggalan puisi berikut
untuk soal no 23-24
Sajak Bulan Purnama
Bulan terbit dari lautan
Rambutnya yang tergerai dikibaskan
Dan menjelang tengah malam,
Wajahnya yang bundar
Menyinari gubug-gubuk kaum gelandangan
Kota Jakarta
23.
Perasaan penyair yang
melatarbelakangi terciptanya puisi tersebut....
a. Bangga d.
Gembira
b. Haru e.
Terasing
c. Kesepian
d. Gembira
e. Terasing
24.
Tema penggalan puisi di
atas adalah....
a. Kegelapan yang dialami kaum gelandangan
b. Kesepian yang dialami kaum gelandangan
c. Kesedihan yang dialami kaum gelandangan
d. Kemiskinan yang dialami kaum gelandangan
e. Kelemahan yang dialami kaum gelandangan
25.
Laksana bintang berkelip
cahaya,
Di atas langit hitam kelam,
Sinar berkilau cahayamatamu,
Menembus aku ke jiwa dalam.
Kutipan puisi tersebut menggambarkan
indra.....
a. Pendengaran
b. Penciuman
c. Perasaan
d. Pencecap
e. Penglihatan
Puisi berikut digunakan untuk
soal no 26-27
Salju
Ke manakah Pergi
mencari matahari
ketika salju turun
pepohonan kehilangan daun
Kemanakah jalan
mencari lindungan
ketika tubuh kuyup
dan pintu tertutup
Kemanakah lagi
mencari api
ketika bara api
padam tak berarti
Kemanakah pergi
Selain mencari diri
26.
Penggalan puisi di atas
mengandung realitas ....
a. Religi
b. Adat
c. Budaya
d. Sosial
e. Penyelamat
27.
Puisi tersebut
mengungkapkan .....
a. Kisah hidup penyair dalam menghadapi setiap rintangan dalam kehidupan
b. Rintangan yang dihadapi penyair ketika meraih masa depan
c. Cobaan hidup yang selau dirasakan setiap manusia
d. Ketabahan hidup penyair menghadapi semua masalah yang terjadi padanya
e. Perjalanan hidup penyair mencari tujuan hidup pada masa datang
28.
(1)
Dengan tiba-tiba Seri laut duduk menyembah kaki Anggun Dewa. “Ampun hamba pada
kakak, usahlah hati dipermalukan, jangan bicara diperpanjang, hamba tahu, hamba
arif.(2) Kata kakak, kata menyindir, ngilu tulangku mendengarkannya. (3) Dosa
hamba seberat bukit, kesalahan sebesar bumi, bagaimana hamba akana menurut,
bagaimana hamba akan pulang,
menentang kakak, hamba malu.
(4)bukanlah kakak yang celaka, untung hamba kiranya. (5) jangan suka mendengar
asut petenah, buah bicara orang penghasut, akhirnya badan yang menanggung, dendam
siang malam, hidup bagai hantu rimba,“ demikianlah kata Seri Laut sambil menangis. (6)”Manalah tuan Seri Laut,
jangan
tuan panjang bicara. (7) Hari hamper berjuak malam, matahari hampir terbenam.
(8) Bawa hamba ke tempat
Tuan, menjemput inang dan pengasuh, mari kita pulang ke rumah, menjelang ayah
dengan bunda.”
Karakteristik
sastra Melayu klasik dalam kutipan tersebut yang merupakan istana sentris
(bersifat kerajaan) terlihat pada kata dalam kalimat nomor…
a.
(4)
b.
(5)
c.
(6)
d.
(7)
e.
(8)
29. Si Gajah membendung
danau itu dengan badannya yang besar Si Celeng dan si Macan menimba ikannya.
Ada pun si Kancil menjaga semuanya agar berjalan lancar.
Sudut pandang
penulis dalam penggalan cerita di atas adalah sebagai…
a.
tukang cerita
b.
tokoh utama
c.
tokoh pendamping
d.
orang pertama
e.
orang ketiga
30.
Perhatikan kutipan
sastra melayu klasik berikut ini!
Arkian maka raja itu pun diberi nama oleh Syaikh Sa’id, Sultan Ismail Syah
Zilullah Fi’alam. Setelah sudah Syaikh
Sa’id memberi nama akan raja itu, maka titah baginda: “Anak hamba ketiga itu
baiklah tuan hamba beri nama sekali , supaya sempurnalah hamba membawa agama
islam”.
Nilai yang tampak dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....
a. Gotong-royong
b. Kemanusiaan
c. Kemasyarakatan
d. Didaktik
e. Keagamaan
Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Untuk soal no 31 dan 32
….Ibu makin jarang di
rumah. Tinggal aku dan ayah yang mengurus sawah. Terkadang ibu baru pulang
setelah beberapa hari. Tetapi, kejarangan ini tidak pernah menimbulkan rindu
kami lagi. Walau adikku yang terkecil. Kami sudah biasa. Kami pun jarang
bertanya di mana ibu dan kapan pulang. Hari-hari ibu tidak pergi, pagi ia sudah
ada di pinggir jalan. Dari rumah dibawanya segulungan goni-goni dan siangnya
goni itu sudah penuh berisi beras yang dicegatnya berdikit-dikit dari
orang-orang kampung lewat. Besoknya, jika hari pasar, beras ini dibawanya ke
pasar dengan pedati sewaan. Dari pasar ibu membawa buntalan berisi berbagai
pakaian atau barang lain. Apabila hari pasar dibawanyalah ke pekan terdekat. Jika
tidak habis laku, dibawanyalah ke luar kampung. Orang-orang kampung memang
lebih suka pakaian-pakaian yang sudah jadi, yang tebal-tebal. Dan ibu memang
tahu kesukaan orang-orang kampung ini. Dari pembelinya, beraslah yang sering
diterima ibu.
Tema yang tersirat
dari kutipan cerpen di atas adalah…
a.
keuletan
seorang ibu dalam mencari nafkah untuk keluarganya
b.
ibu
rajin ke pasar dan ayah rajin ke sawah
c.
ibu
berjualan dari kampung satu ke kampung yang lain
d.
dari
pasar ibu membawa buntalan berisi berbagai pakaian atau barang lain
e.
pakaian
dibeli dengan beras
31.
Latar kutipan cerita
pendek tersebut adalah...
a. Sawah
b. Rumah
c. Jalan
d. Pedesaan
e. Pasar
Bacalah kutipan berikut dengan seksama!
Malam itu Monang datang, sesuai dengan janjinya.
Manen menceritakan perihal surat itu.
“Siapa calonmu, Monang?” tanyanya dingin.
“Saudara dari Sibolga itu, yang begitu mesra kau
antar setiap hari?”
“Keadaan memang gawat,” keluh Monang.
“Ibuku sama sekali tak mau mengerti. Ayah cuma
bersikap sedih saja, bertanya mengapa aku tega memijak kemauan mereka. Kemarin
kami adakan rapat keluarga di Bogor. Mereka bersikeras bahwa aku harus tunduk
kepada kemauan orang tua . . . . Aku minta sedikitnya mereka bertemu denganmu
dulu.”
“Mengapa tak kau gunakan kesempatan semalam?” tanya
Manen sinis.
32. Konflik yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah....
a. Monang berkenalan dengan saudara dari Sibolga
b. Monang harus tunduk kepada kemauan orang tua
c. Monang bertengkar dengan Manen
d. Manen menceritakan perihal surat
e. Monang datang sesuai janjinya
Kutipan paragraph untuk soal no 34 dan 35
Menitik air mata anak
sunatan itu ketika jarum bius yang pertama menusuk kulit yang segera dipotong.
Lambat-lambat obat bius yang didesakkan dokter spesialis dari dalam tabung injkeksi
menggembung di sana. Dan anak sunatan itu menggigit bibir bawahnya, menahan
rasa sakit.
33.
Sudut
pandang yang digunakan oleh penulis dalam kutipan cerpen tersebut adalah ……
a. orang pertama
b.
orang
kedua
c.
orang
ketiga
d.
orang
pertama dan kedua
e.
orang
kedua dan ketiga
34.
Watak
anak sunatan dalam kutipan cerpen tersebut adalah …….
a.
Baik
b.
Tabah
c.
Optimis
d.
Takut
e.
Senang
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tulislah paragraf argumentasi dengan pola Analogi!
2. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wawancara!
3. Sebutkan karakteristik Melayu Klasik!
4. Buatlah sinopsis cerita rakyat yang pernah kamu dengar!
5. Sebutkan langkah-langkah menulis cerpen!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar